Artikel

Es Potong Jakarta Semakin Punah


Apakah kalian pernah mendengar tentang es potong?

Atau mungkin kalian pernah mencicipi segarnya es potong? Es yang memang memiliki rasa yang manis dan enak ini memang banyak di minati oleh semua orang. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin menikmati rasa es potong terutama es potong Jakarta. Es yang memiliki bentuk panjang tersebut memang sudah jarang ditemukan, terutama di Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Padahal dulu keberadaannya selalu dicari dimanapun es tersebut berada, namun sekarang dengan perkembangan zaman yang semakin modern nampaknya es tersebut menjadi semakin kuno sehingga tidak memiliki banyak peminat dan sulit untuk ditemukan.

Es potong Jakarta dibuat dari bahan-bahan alami, dan biasanya dibuat dengan rasa tradisional seperti kacang hijau, coklat, dan ketan hijau. Penjual es potong biasanya menyimpan es potong di dalam gerobak kecil khas penjual es potong. Untuk menjaga agar es tersebut tetap dingin di dalam gerobak, biasanya es potong didinginkan dengan es batu yang sudah ditaburi garam. Jadi, es batu yang memiliki ukuran besar diletakkan dibawah gerobak, kemudian letakkan es potong tersebut diatas es batu besar. Yang terakhir, tutup es potong tersebut dengan es batu yang memiliki ukuran kecil. Oleh sebab itu, kadang Anda akan sedikit merasakan rasa asin di sekitar bungkus es.

Namun yang sangat disayangkan, keberadaan es potong Jakarta sudah sulit ditemukan. Dahulu pedagang es potong selalu nampak di depan sekolah dasar dan taman-taman kota, tetapi sekarang pedagang es potong sudah semakin langka. Mungkin karena tidak ada variasi rasa yang berbeda dari setiap pedagang sehingga membuat rasa es potong sedikit agak membosankan atau mungkin tidak ada perhatian dari pemerintah untuk bisa melestarikan es potong. Padahal, es potong termasuk jajanan khas Indonesia yang memiliki rasa unik dan enak untuk dimakan. Selain itu faktor kebersihan mungkin juga mempengaruhi minat pembeli untuk membeli es potong tersebut pasalnya banyak gerobak es potong yang sudah nampak kotor sehingga mengurangi minat pembeli dan membuat es potong tidak higienis.

Selain itu dengan perkembangan zaman yang semakin modern, banyak bermunculan es krim dengan tekstur dan rasa yang lebih enak sehingga membuat Anda lebih tertarik untuk mencicipi es krim daripada es potong. Banyak juga yang beranggapan bahwa es potong adalah jajanan jadul sehingga membuat Anda malu untuk membelinya. Seharusnya sebagai orang Indonesia, Anda lebih mencintai produk dalam negeri daripada produk luar yang datang sebagai pesaing. Bila tidak dijaga dan dilestarikan keberadaannya, bisa-bisa es potong Jakarta akan benar-benar punah. Jadi, pelihara terus kuliner tradisional khas Indonesia terutama khas potong sehingga menjadi jajanan yang lezat.